https://drive.google.com/file/d/1IpA70ea5bj0nLzFEYC7j1C685Gcg4xfC/view?usp=sharing

Cari Blog Ini

Kamis, 01 Oktober 2009

Pikiran

2. Pikiran
Manusia berbeda dari ciptaan yang lain karena memiliki pikiran; berpikir tentang siapa diri dan siapa yang menjadikan dirinya. Juga berpikir tentang apa yang harus ia katakan dan juga apa yang akan ia lakukan.
Berpikir memberi pengakuan dan peneguhan tentang keberadaan diri. Berpikir dapat menjadi identitas diri, oleh karena itu manusia telah menempatkan Pikiran sebagai dasar dari apa yang ia katakan dan menjadi rujukan dari apa yang ia lakukan, seperti dinyatakan dalam ayat suci
”Planning and thought lie behind everything that is done” – Sirach 37:16.
Ayat suci ini mengajari bahwa dengan berpikir, kita dapat merencanakan sesuatu dan dengan merencanakan kita sudah menyelesaikan sebagian dari apa yang akan kita kerjakan-Pikiran merupakan awal dari segala pekerjaan. Selanjutnya: apa yang kita kerjakan akan dapat berhasil dengan baik jikalau kita mendasarinya dengan perhitungan/pertimbangan yang matang. Perbuatan mengambarkan kepribadian, karena itu hendaklah Pertimbangan mesti mendahului setiap perbuatan Anda.
Jenis dan Cara Kerja Pikiran
A person’s thoughts are like water in deep well, but someone with insight can draw them out – Proverb 20:5
Dalamnya samudra dapat diukur, tetapi siapakah sanggup mengetahui pikiran manusia? Pikiran seseorang ibarat air yang berada didalam sebuah sumur yang dalam, tapi hanya orang-orang yang berpengertian bisa menimbanya keluar.
Sesuatu yang indah dan bermanfaat tidak mudah ditemukan karena berada pada tempat yang khusus disediakan baginya. Sesuatu yang indah dan bermanfaat juga tidak mudah untuk dipergunakan kecuali melalui sebuah usaha serius atau perjuangan. Ayat suci Proverb (Amsal) 20:5 ini telah menjadi pedoman dasar bagi penelitian para ahli untuk menemukan apa dan bagaimana pikiran dapat bekerja.
Para ahli menemukan dua bagian pokok dari pikiran (otak) manusia yakni bagian pertama tentang pikiran sadar, pikiran bawah sadar, dan bagian kedua tentang otak kiri dan otak kanan yang merupakan wadah bagi kerja kecerdasan (IQ, EQ & SQ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LI AN MOEN ANA ATUK BIJAEL

  LI AN MOEN ANA ATUK BIJAEL 1.      When you are traveling around Timor, especially at the district of north middle Timor, you will be fa...