https://drive.google.com/file/d/1IpA70ea5bj0nLzFEYC7j1C685Gcg4xfC/view?usp=sharing

Cari Blog Ini

Kamis, 01 Oktober 2009

Belajar Membangun Hubungan

D. Belajar Membangun Hubungan
“To handle yourself, use your head; to handle others, use your hearth.” – Donald Laird
Maukah anda hidup menyendiri dan menyepi di suatu tempat terpencil? Atau apakah anda berketetapan untuk hidup bagi diri sendiri?
Manusia baru bisa memahami dirinya jika ia bisa membangun hubungan, interaksi dan komunikasi. Berhubungan, berkomunikasi dan berinteraksi dengan diri dan orang lain menuntut sebuah kemampuan yang melibatkan Intelek, Emosi dan Hati.
Intelektual (IQ) berperan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, nalar dan logika, Emosional (EQ) memberdayakan seseorang dalam mengelola hubungan yang seimbang dan harmonis dengan diri sendiri maupun dengan diri orang lain dan alam. Dan ketika kecerdasan intelektual (keahlian) meningkat, maka emosi akan menghasilkan kualitas diri yang baik untuk menerapkan keahlian. Dan selanjutnya hati akan meleburkan keahlian (intelek) dan kualitas diri (emosi) dalam sebuah sikap dan tingkah laku yang penuh keyakinan, harapan, simpati dan empati.
Setiap hubungan baru dapat memiliki makna mendalam jika ada kadar keintiman yang cukup bagi diri, dan juga intim dengan orang lain. Menurut Robert Alberti dan Michael Emmons, Keintiman adalah kualitas hubungan antara dua orang yang sangat peduli terhadap satu sama lain yang diwarnai oleh 6 dimensi “PENERIMAAN seperti dalam akronim ACCEPT berikut:
Attraction : Ada daya tarik terhadap satu sama lain
Communication : Terbangun komunikasi yang terbuka dan jujur
Commitment : Ada komitmen bagi adanya kelangsungan kemitraan
Enjoyment : Ada kenikmatan dari kehidupan mereka bersama; kenikmatan yang sejalan dalam memiliki…….
Purpose : Tujuan bagi hubungan yang dibangun dan saling ……
Trust : Percaya yang saling menghormati dan menghargai satu sama lain
Kecukupan kandungan ACCEPT (Attraction, Communication, Commitment, Enjoyment, Purpose and Trust) dalam sebuah hubungan dapat menghasilkan sebuah hubungan dengan kualitas yang menyukakan jiwa dan menyenangkan hati baik manusia maupun Tuhan sendiri seperti yang dilukiskan dalam ayat suci Sirak 25: 1:
Tiga hal yang disukai jiwaku; Manusia dan Tuhan pun berkenan adalah:
Kerukunan diantara Saudara
Keakraban diantara Sahabat
Keharmonisan dan keserasian diantara Suami-Istri (Keluarga)
Ada dua bangun hubungan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan seseorang; bangun hungun dalam diri dan hubungan dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LI AN MOEN ANA ATUK BIJAEL

  LI AN MOEN ANA ATUK BIJAEL 1.      When you are traveling around Timor, especially at the district of north middle Timor, you will be fa...